Bisakah Pasangan yang Tidak Menikah Punya Kartu Keluarga?

Pertanyaan

Saya memiliki pasangan yang sudah memiliki anak dari seorang wanita yang tidak pernah menikah secara agama maupun negara, namun anehnya mereka memiliki KK. Apabila saya ingin menikah dengan pasangan secara sah, apakah pasangan saya harus menceraikan dulu wanita itu agar kami bisa membuat KK yang baru ketika sudah menikah?

Intisari Jawaban

Salah satu persyaratan penerbitan Kartu Keluarga (KK) adalah adanya buku nikah/kutipan akta perkawinan. Selain itu, penduduk WNI yang memiliki izin tinggal tetap hanya diperbolehkan terdaftar dalam 1 KK.

Sehingga KK yang dimiliki oleh pasangan Anda dengan wanita lain yang tidak pernah dinikahinya itu dibuat tanpa memenuhi syarat penerbitan KK. Sebab keduanya memang tidak pernah menikah dan tidak memiliki buku nikah/kutipan akta perkawinan. Jadi, patut diduga ada indikasi pemalsuan data KK.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini. Anda juga bisa konsultasikan langsung masalah ini secara lebih spesifik dan personal dengan advokat berpengalaman di sini.

Lihat Ulasan Lengkap

Ingin Masalah Anda Segera Tuntas?

Hubungi konsultan hukum profesional dengan biaya terjangkau, pilih durasi dan biaya konsultasi sesuai kebutuhan Anda di sini.
Punya pertanyaan lain?
Silakan Login, atau Daftar ID anda untuk menjadi menjadi memberKirim Pertanyaan ke Klinik

Artikel lainnya dari penjawab