Payung Hukum Badan Usaha Berkonsep Syirkah

Pertanyaan
Apa payung hukum, seperti undang-undang, yang menangani masalah perusahaan yang berlandaskan peraturan Islam? Perusahaan yang berlandaskan peraturan Islam yang saya maksud adalah Perseroan Mudharabah, Perseroan Inan, Perseroan Abdan, Perseroan Wujuh, dan Perseroan Mufawadhah.
Intisari Jawaban
Konsep perusahaan dalam syariat Islam dikenal dengan syirkah, yang artinya adalah perseroan, perkongsian atau perserikatan. Terdapat berbagai bentuk perkongsian, antara lain, perkongsian mudharabah, perkongsian inan, perkongisan abdan, perkongsian wujuh, dan perkongsian muwafadhah.
 
Di Indonesia, perusahaan dikenal dalam berbagai bentuk badan usaha (partnership atau maatschap), antara lain, Perseroan Terbatas, Persekutuan Komanditer, Firma, dan lain sebagainya.
 
Agar berbagai bentuk syirkah atau perkongsian syariah mendapat legalitas, haruslah mengikuti bentuk badan usaha yang sudah diatur di Indonesia. Jika tidak, maka dapat dilakukan dengan membentuk sebuah perkongsian usaha yang berbentuk kerja sama berdasarkan akta notaris.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.
Lihat Ulasan Lengkap

Ingin Masalah Anda Segera Tuntas?

Hubungi konsultan hukum profesional dengan biaya terjangkau, pilih durasi dan biaya konsultasi sesuai kebutuhan Anda di sini.