Jaminan Pensiun Bagi PNS yang Masa Kerjanya Kurang dari 5 Tahun

Pertanyaan

Bagaimana nasib PNS yang masa kerjanya itu kurang dari 5 tahun namun sudah waktunya pensiun (mencapai batas umur pensiun), menurut kebijakan itu kan tidak dapat uang pensiun, tapi apakah ada jalan lain?

Intisari Jawaban
 
Berdasarkan usia minimal (18 tahun) dan usia maksimal (40 tahun bagi jabatan tertentu) untuk melamar menjadi PNS serta dikaitkan dengan batas usia pensiun (58, 60, dan 65 tahun); kondisi PNS yang pensiun (karena batas usia) dan memiliki masa kerja kurang dari 5 tahun tidaklah dimungkinkan dapat dikatakan pensiun karena mencapai batas umur dan diberikan jaminan pensiun.
 
Jaminan pensiun terhadap PNS yang masa kerjanya kurang dari 5 tahun hanya dapat diberikan terhadap PNS yang tidak bisa bekerja karena alasan kesehatan (tidak cakap jasmani dan atau rohani) dengan kondisi sebagai berikut:
  1. Dinyatakan oleh tim penguji kesehatan tidak dapat bekerja lagi dalam Jabatan apapun karena keadaan jasmani dan/atau rohani yang disebabkan oleh dan karena menjalankan kewajiban Jabatan tanpa mempertimbangkan usia dan masa kerja; atau
  2. Dinyatakan tidak dapat bekerja lagi oleh tim penguji kesehatan dalam Jabatan apapun karena keadaan jasmani dan/atau rohani yang tidak disebabkan oleh dan karena menjalankan kewajiban Jabatan apabila telah memiliki masa kerja untuk pensiun paling singkat 4 (empat) tahun.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
 
Lihat Ulasan Lengkap

Ingin Masalah Anda Segera Tuntas?

Hubungi konsultan hukum profesional dengan biaya terjangkau, pilih durasi dan biaya konsultasi sesuai kebutuhan Anda di sini.
Punya pertanyaan lain?
Silakan Login, atau Daftar ID anda untuk menjadi menjadi memberKirim Pertanyaan ke Klinik

Artikel lainnya dari penjawab