Dapatkah Pemegang Izin Usaha Pertambangan Diberikan Hak Atas Tanah?

Pertanyaan

Apakah tanah/lahan yang dibebaskan/dibeli dalam pertambangan batubara untuk kegiatan penambangan dapat dibalik nama menjadi nama pembeli (disertipikatkan) dan bukankah lahan/tanah yang dibebaskan tersebut harus dikembalikan ke pemerintah?

Intisari Jawaban
Terdapat kewajiban bagi pemegang Izin Usaha Pertambangan (“IUP”) atau Izin Usaha Pertambangan Khusus (“IUPK”) untuk menyelesaikan hak atas tanah dengan pemegang hak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebelum melakukan kegiatan operasi produksi.
 
Penyelesaian hak atas tanah tersebut adalah dengan cara pembebasan dengan memberikan ganti rugi kepada pemegang haknya. Dengan pembebasan itu maka berakibat tanah yang dibebaskan kembali dikuasai oleh Negara.
 
Kemudian, pemegang IUP atau IUPK sebagaimana dimaksud di atas yang telah melaksanakan penyelesaian terhadap bidang-bidang tanah dapat diberikan hak atas tanah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
Penjelasan lebih lanjut, silakan baca ulasan di bawah ini.
 
Lihat Ulasan Lengkap

Ingin Masalah Anda Segera Tuntas?

Hubungi konsultan hukum profesional dengan biaya terjangkau, pilih durasi dan biaya konsultasi sesuai kebutuhan Anda di sini.
Punya pertanyaan lain?
Silakan Login, atau Daftar ID anda untuk menjadi menjadi memberKirim Pertanyaan ke Klinik

Artikel lainnya dari penjawab